RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR Tbk TAHUN BUKU 2018

Date: 26 april 2019

Kategori :


Surabaya| Jum’at, 26 April 2019, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2018 (RUPST TB 2018), di Ruang Bromo, bankjatim Kantor Pusat lantai 5, Surabaya.

 

AGENDA RUPST TB 2018 ini, diantaranya:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Mengenai Keadaan Dan Jalannya Perseroan Selama Tahun Buku 2018 Termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Selama Tahun Buku 2018 dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2018;
  2. Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2018 Termasuk Pemberian Bonus Bagi Pegawai Serta Tantiem dan Remunerasi Untuk Direksi dan Dewan Komisaris;
  3. Memberikan Kuasa Kepada Dewan Komisaris Untuk Menunjuk Kantor Akuntan Publik Dalam Mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019;
  4. Memberikan Kuasa Kepada Dewan Komisaris Untuk Melakukan Penyesuaian Permodalan Perseroan Dengan Demikian Merubah Pasal 4 Anggaran Dasar Sehubungan Dengan Pelaksanaan Management and Employee Stock Option Plan (MESOP);
  5. Persetujuan rencana Pembelian Kembali Saham (Buy Back) dalam rangka Pelaksanaan Long Term Incentive;
  6. Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

 

Di tengah-tengah kondisi perekonomian global yang masih belum stabil, Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan total aset sebesar Rp. 62,69 T (YoY 21,68%), DPK sebesar Rp. 50,92 T (YoY 27,78%)  yang didominasi dana murah dengan CASA 75,41 %, kredit sebesar Rp.33,89 T (YoY 6,74%) dan Laba sebelum pajak sebesar Rp. 1,75 T (YoY 7,13%).

 

Rasio keuangan bankjatim posisi Desember 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,75 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,37 %, Return On Asset (ROA) 2,96 % , sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 69,45 %. Hal ini menunjukkan bankjatim  menjadi salah satu bank dengan efisiensi yang baik.

Sebagai perusahaan terbuka, tren kenaikan harga saham bankjatim (BJTM) juga menjadi perhatian masyarakat, selain karena tren kenaikan harga saham yang ditunjukkan oleh BJTM dari tahun ke tahun, pembagian deviden yang selalu meningkat setiap tahunnya menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dengan market capitalization BJTM mencapai Rp. 10,33 Triliun di akhir tahun 2018. Pada RUPS ini, bankjatim membagikan dividen sebesar Rp. 45,61 per lembar saham kepada pemegang saham, dengan tanggal pencatatan pemegang saham yang berhak menerima dividen pada 9 Mei 2019 (cumdate). Segala pencapaian bankjatim selama tahun 2018 mendapat apresiasi seiring berbagai penghargaan yang telah diraih. Setidaknya ada 20 ajang penghargaan yang diikuti dengan kurang lebih 30 award yang telah diraih bankjatim di tahun 2018.

Selama triwulan I 2019, bankjatim telah meluncurkan berbagai inovasi-inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya nasabah bankjatim. Pada awal tahun, bankjatim resmi meluncurkan portal e-form kredit. Portal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit. Secara teknis bankjatim cukup melakukan registrasi pada portal e-form kredit untuk selanjutnya calon nasabah akan mendapatkan notifikasi berupa persyaratan yang harus dibawa ke kantor bankjatim terdekat.

Untuk meningkatkan pelayanan nasabah di bidang digital banking, Bank Jatim memperkenalkan fasilitas terbaru berupa QR code yang diberi nama jatimcode. jatimcode merupakan pengembangan fitur pembayaran Bank Jatim mobile banking melalui scan QR code. Fitur tersebut memudahkan nasabah dalam bertransaksi sehingga lebih fleksibel. Selain itu fitur untuk memfasilitasi nasabah milenial Bank Jatim sebagai alternatif transaksi pembayaran yang mudah, cepat, dan efisien.

SEKILAS TENTANG BANK JATIM

bankjatim merupakan Bank Umum yang berkantor pusat di Surabaya dan telah memiliki jaringan di seluruh Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kota Batam. Didirikan 17 Agustus 1961, dengan berbadan hukum Perusahaan Daerah (PD), pada tahun 1976, bankjatim berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan sejak Juli 2012 bankjatim melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) yang menjadikan bankjatim menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah yang sudah terbuka (Tbk.)

Sampai dengan Maret 2019 bankjatim memiliki total layanan sebanyak 1.706 layanan operasional, baik layanan konvensional maupun syariah. Bankjatim saat ini telah memiliki layanan e-banking seperti ATM, Sms banking, Internet Banking, Mobile Banking dan yang terbaru adalah fitur jatimcode untuk memberikan kemudahan kepada nasabah bertransaksi dimanapun dan kapanpun berada. Selain telah bekerjasama dengan jaringan ATM Bersama dan jaringan Prima (termasuk Prima Debit), yang terbaru, bankjatim telah bergabung dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang berarti kartu ATM bankjatim dapat digunakan pada seluruh ATM dan merchant di Indonesia yang berlogo ATM Bersama, Prima dan GPN tanpa dikenakan biaya apapun.