bank jatim biayai operasi penderita katarak se-jawa timur

Date: 23 september 2011

Kategori : CSR, CSR


 

Bank Jatim telah melakukan penandatanganan kerjasama (MOU) dengan Direktur RSUD Dr. Soetomo (19/9) dan Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya (22/9) untuk melaksanakan operasi katarak bagi 50 warga kurang mampu di wilayah Surabaya. Masing-masing rumah sakit akan mengoperasi sebanyak 25 pasien. Biaya operasi 50 penderita tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Bank Jatim melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2011.

Menurut Dirut Bank Jatim Hadi Sukrianto, operasi katarak ini akan dilaksanakan di seluruh Jawa Timur. Setelah 4 cabang di Surabaya (Cabang Utama, dr. Sutomo, Perak, HR. Muhammad dan Syariah). Selanjutnya seluruh cabang Bank Jatim se-Jawa Timur diminta merespon dan segera berkoordinasi dengan RSUD Kabupaten-Kota di wilayah kerjanya. Target peserta operasi katarak seluruh Jawa Timur sebanyak 750 pasien dari masyarakat yang benar-benar kurang mampu. Bank Jatim merasa terpanggil ingin berbuat sesuatu membantu memberi secercah harapan bagi mereka yang rata-rata berusia senja.

Kita bekerjasama dengan pihak rumah sakit yang memiliki tenaga ahli dalam operasi ini, sedangkan biaya operasi serta perawatan sebesar Rp 2 juta tiap pasien ditanggung oleh Bank Jatim semuanya. Jadi untuk membiayai 750 warga kurang mampu penderita katarak di Jawa Timur, Bank Jatim mengucurkan biaya sekitar Rp. 1,5 miliar. Dana tersebut diambilkan dari CSR Tahun 2011 yang dianggarkan sebesar Rp 15 miliar. Dijelaskan pula oleh Hadi Sukrianto, hingga bulan ini dana CSR yang sudah dipergunakan sebesar Rp 9 miliar. Pengucuran dana tersebut disalurkan untuk program bantuan pendidikan, kesehatan, budaya dan sosial lainnya seperti perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) dan tenda bagi para PKL di seluruh Jawa Timur. (sukoco)