“JConnect", SOLUSI KEMUDAHAN AKSES LAYANAN DIGITAL PERBANKAN dari BANK JATIM

Date: 03 november 2021

Kategori :


Bank Jatim sebagai bank terbesar di Jawa Timur dan salah satu pelaku perbankan di Indonesia saat ini gencar melakukan berbagai inovasi layanan berbasis teknologi digital. Hal ini sudah menjadi suatu keharusan mengingat perkembangan teknologi informasi berjalan sangat cepat. Teknologi tidak hanya menawarkan berbagai jenis solusi, tetapi dari segi aksesnya pun semakin mudah dinikmati oleh masyarakat. Fakta ini tercermin dari data pengguna smartphone di Indonesia yang sudah tercatat mencapai 167 juta orang (89% total penduduk Indonesia)* dan didorong oleh kemudahan akses informasi melalui tarif paket data internet yang semakin terjangkau sehingga menyebabkan 202 juta orang di Indonesia (73,7% total penduduk Indonesia)** mampu mengakses internet. Pengguna smartphone dan akses internet di Indonesia kian lama semakin meningkat, terlebih dalam masa pandemi Covid-19 dan new normal, layanan digital perbankan telah menjadi andalan nasabah untuk bertransaksi, pengembangan digital pun telah menjadi hal yang penting untuk dilakukan dalam mempermudah nasabah mengakses transaksi perbankan. Bank Jatim dalam hal ini melihat ketersediaan dan kemudahan akses merupakan kunci untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah dan masyarakat pada umumnya.

Sebagai wujud komitmen Bank Jatim untuk memberikan ketersediaan layanan perbankan, inovasi, dan kemudahan aksesnya bagi nasabah dan masyarakat, Bank Jatim dengan bangga mempersembahkan “JConnect”, sebuah Branding Digital Banking yang mencerminkan transformasi digital Bank Jatim dengan semangat mengkoneksikan semua kebutuhan dan kemudahan akan akses layanan perbankan.

Digital banking bukan merupakan hal yang baru bagi Bank Jatim. Dengan pengalaman dalam berbagai layanan berbasis teknologi (Layanan Perbankan Elektronik), dimulai dari layanan electronic channel (e-channel), antara lain :

  1. Automatic Teller Machine (ATM) sejumlah 780 mesin dan Cash Recycle Machine (CRM) berjumlah 26 mesin yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur, Batam, dan Jakarta;
  2. SMS Banking dengan jumlah pengguna 407 ribu nasabah individu;
  3. Mobile Banking dengan jumlah pengguna sebesar 330 ribu nasabah individu;
  4. Internet Banking dengan jumlah pengguna sebesar 59 ribu nasabah individu maupun corporate;
  5. Electronic Data Capture (EDC) berbasis android sejumlah 250 mesin EDC maupun EDC konvensional sejumlah 197 mesin yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur, Batam dan Jakarta;

sampai dengan Aplikasi berbasis Digital dan layanan pembayaran digital lainnya, seperti :

  1. Digital Payment berbasis QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang saat ini telah dipergunakan oleh kurang lebih 21 ribu merchant Bank Jatim dalam menerima pembayaran berbasis digital melalui aplikasi mobile dari perbankan lain maupun aplikasi finansial teknologi lainnya;
  2. Digital Payment Virtual Account telah dimanfaatkan oleh kurang lebih 300 institusi baik lembaga pendidikan, pemerintahan daerah, bantuan sosial, Rumah Sakit, dan lainnya. Virtual Account Bank Jatim dapat dibayarkan melalui aplikasi mobile dari perbankan lain maupun aplikasi finansial teknologi lainnya;
  3. Aplikasi Layanan pengajuan kredit secara online  (e-KMG dan e-Loan) juga telah Bank Jatim kembangkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan kredit / pembiayaan tanpa harus bertatap muka dengan petugas bank. Total sampai dengan Bulan April 2021 jumlah berkas pengajuan kredit secara online pada aplikasi E-KMG telah mencapai 1.888 berkas pengajuan dengan 1.685 pengajuan kredit disetujui dan pada aplikasi e-Loan sudah mencapai 2.587 berkas pengajuan dengan 2.242 pengajuan kredit disetujui;
  4. Berkolaborasi dengan berbagai ekosistem digital di Indonesia (Tokopedia, Gojek, Shoope, OVO, retail merchant modern Indomaret dan alfamart serta lainnya) dalam memperluas layanan pembayaran Pajak Daerah (Pajak Kendaraan Bermotor [PKB], PBB, Pajak Hotel, Restoran, dan lainnya) agar Wajib Pajak dapat melakukan kewajiban pembayaran Pajak secara lebih fleksibel dan nyaman tanpa perlu bertatap muka dengan petugas Bank maupun petugas pungut pajak dari Pemerintah Daerah.

 

Pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, transaksi digital perbankan mengalami kenaikan cukup signifikan. Masyarakat lebih memilih melakukan transaksi perbankan melalui gadget mereka masing-masing, tanpa harus datang ke kantor layanan Bank dan dapat dilakukan kapan saja serta dimana saja secara realtime online. Masyarakat banyak sekali melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok maupun tambahan secara online melalui marketplace seperti shoope, tokopedia, bukalapak, dan lainnya, lalu mereka melakukan pembayaran dengan Electronic Channel (E-Channel) Bank Jatim. E-Channel /  Layanan Perbankan Digital yang saat ini dimiliki oleh Bank Jatim antara lain SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Masyarakat menggunakan E-Channel Bank Jatim untuk melakukan pembayaran menggunakan Virtual Account maupun QRIS (QR Code Indonesia Standard) pada marketplace sehingga jumlah transaksi maupun nominal transaksi e-channel Bank Jatim di masa Pandemi Covid-19 ini meningkat cukup drastis, hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan penggunaan layanan digital Bank Jatim tumbuh cukup pesat. 

Growth Jumlah Pengguna SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking 

Growth Nominal Transaksi SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking 

 

Berdasarkan data tersebut diatas, mencerminkan hal berikut :

  1. Bahwa penggunaan layanan Digital Bank Jatim meningkat secara signifikan yaitu sebelum masa Pandemi Covid 19 di tahun 2019 dibandingkan dengan di awal Pandemi pada awal sampai dengan akhir tahun 2020 baik dari Jumlah Pengguna maupun Nominal Transaksi untuk channel SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking;
  2. Penggunaan layanan Digital Bank Jatim mulai awal Tahun 2021 sampai dengan pertengahan Tahun 2021 (Bulan Januari s/d Juni 2021) sangat tinggi, bahkan melebihi penggunaan layanan Digital Bank Jatim selama 1 tahun di tahun 2019 (Bulan Januari s/d Desember 2019) baik dari Nominal Transaksi terutama untuk channel Mobile Banking;

Kesimpulan yang dapat diambil adalah  Di masa pandemi Covid 19, penggunaan layanan Digital Bank Jatim Berkembang sangat pesat dibanding pada masa sebelum Pandemi Covid 19, terutama channel Mobile Banking yang dipergunakan nasabah Bank Jatim untuk melakukan transaksi secara online baik untuk transfer dana, belanja online, pembayaran tagihan maupun transasi perbankan yang lainnya. Layanan digital ini juga sangat mendukung di era Pandemi Covid 19,  bahwa transaksi dilakukan secara non tunai sebagai langkah pencegahan penularan covid 19 dimana nasabah tidak bersentuhan dan selalu menjaga jarak (Transaksi dilakukan secara mandiri oleh nasabah menggunakan gadget).

Dengan berbagai layanan digital yang saat ini telah dimiliki oleh Bank Jatim dan akan dikembangkan lebih luas lagi kedepannya, Bank Jatim melalui “JConnect” siap memberikan kenyamanan (convenience), komitmen (commitment), kolaborasi (collaborative), dan konektivitas finansial (connect) guna menghadirkan layanan-layanan digital banking yang tidak hanya tersedia, namun juga sesuai dengan kebutuhan nasabah dan masyarakat. “JConnect” akan me-rebranding aplikasi Digital Bank Jatim eksisting, yang diawali dengan :

  1. Aplikasi Mobile Banking Bank Jatim menjadi “JConnect Mobile”;

(download aplikasi di playstore | appstore)

2. Aplikasi Internet Banking Bank Jatim menjadi “JConnect Internet Banking”;

3. Aplikasi Laku Pandai Bank Jatim menjadi “JConnect SiPandai”;

(download aplikasi di playstore )

4. Aplikasi E-Loan Bank Jatim menjadi “JConnect E-Loan”;

(download aplikasi di playstore )

5. Aplikasi E-KMG Bank Jatim menjadi “JConnect E-KMG”.

(download aplikasi di playstore )

Dalam implementasinya, “JConnect” memiliki 3 (tiga) pilar penting sebagai landasan pengembangan inovasi layanan digital, yaitu :

  1. Pemerintah Daerah (Pemda) dan Aparatur Sipil Negara (ASN), Bank Jatim akan terus melakukan integrasi pengelolaan keuangan daerah berbasis digital dan layanan transaksi non tunai, dengan contoh implementasi antara lain :
    1.  “JConnect Mobile” dengan fitur Digital Payment menggunakan QRIS dan Virtual Account dipergunakan pada pembayaran retribusi pasar, retribusi parkir, retribusi uji KIR, retribusi kebersihan, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pembayaran tagihan air (PDAM), dan lainnya dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
    2. “JConnect Internet Banking” dengan fitur Bulk Payment dipergunakan untuk Payroll Gaji  ASN di seluruh Wilayah Jawa Timur;
    3. “JConnect Internet Banking” dengan fitur Transaksi Transfer, Mutasi Rekening, Informasi Saldo, serta Pembelian dan Pembayaran dipergunakan oleh Bendahara pengeluaran maupun Bendahara Penerimaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);
    4. “Jconnect E-KMG” dipergunakan oleh ASN untuk melakukan pengajuan kredit secara online tanpa harus dating ke kantor layanan Bank Jatim.  
  2. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Bank Jatim juga akan selalu membantu melakukan digitalisasi UMKM dengan solusi fitur pembayaran transaksi hingga pemberian pembiayaan kepada UMKM, yaitu dengan :
    1. “JConnect E-Loan” yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memperluas usahanya melalui pengajuan kredit / pembiayaan yang pengajuannya dilakukan secara online;
    2. “JConnect Mobile” dengan fitur Digital Payment menggunakan QRIS dan Virtual Account untuk pembayaran transaksi pembelian dari pelanggan kepada pelaku UMKM, tidak hanya payment saja, tetapi Platform aplikasi Marketplace dan ticketing wisata juga disediakan oleh Bank Jatim kepada UMKM;
  3. Masyarakat Umum, Bank Jatim akan selalu menyediakan segala kebutuhan masyarakat umum, seperti kebutuhan perseorangan dan korporasi, penerapannya antara lain :
    1. “JConnect Mobile” dan “JConnect SiPandai” memfasilitasi Masyarakat (dalam hal ini Wajib Pajak) dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan Pajak Daerah Lainnya secara Non Tunai dan realtime online. Saat ini Masyarakat yang ingin membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari seluruh wilayah Indonesia dapat melakukan Pembayaran melalui aplikasi Platform SIGNAL (Samsat Digital Nasional) dari Kepolilsian Republik Indonesia, yang telah diintegrasikan dengan “Jconnect Mobile” dari Bank Jati, ;
    2. “JConnect Mobile” dengan fitur Digital Payment QRIS dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan pembelanjaan pada merchant-merchant yang menerima pembayaran secara Non Tunai (QRIS), baik QRIS milik perbankan lain maupun milik perusahaan Finansial Teknologi lainnya (OVO, Gopay, Dana, Shoope, dan lainnya);
    3. “JConnect Internet Banking” dengan fitur Transfer secara terjadwal, dapat dimanfaatkan oleh Perusahaan / instansi untuk melakukan Pembayaran Gaji Karyawannya (Payroll) secara otomatis pada tanggal tertentu ataupun untuk melakukan pembayaran tagihan perusahaan agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran;
    4. “JConnect SiPandai” dapat dimanfaatkan masyarakat yang jauh dari akses perbankan, untuk melakukan pembukaan rekening tabungan di Agen SiPandai Bank Jatim, dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor layanan Bank Jatim.

             Dan begitu banyak lagi implementasi lainnya dari “JConnect” yang berlandaskan atas 3 pilar penting diatas. Semua layanan digital yang dilandasi oleh 3 pilar penting tersebut, dikemas Bank Jatim dalam sebuah branding “JConnect” yang mana dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan terkoneksi dengan kondisi nasabah serta masyarakat.

Bank Jatim menyadari bahwa JConnect merupakan sebuah branding yang menjanjikan ide-ide besar dan harapan yang ada di setiap pikiran masyarakat, oleh karena itu Bank Jatim berjanji kepada seluruh nasabah untuk selalu berusaha memenuhi setiap harapan dan kebutuhan yang dimiliki nasabah dan untuk hal tersebut Bank Jatim telah memiliki inovasi-inovasi besar yang siap untuk disajikan. Selamat datang di transformasi digital banking Bank Jatim, “JConnect” koneksikan semua kemudahan.

 

* Sumber Data dari Media Indonesia (per Maret 2021)

** Sumber Data dari Kompas.com (per Februari 2021)