Peduli Pelaku UMKM, Bank Jatim Kucurkan Dana Rp 1 Triliun Kepada Bank UMKM Jatim (BPR Jatim)

Date: 14 juli 2015

Kategori : Semua Berita


Bank Jatim Mou dg BPR Jatim

Sebagai lembaga keuangan masyarakat Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) dan PT Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur terus dituntut untuk mampu berperan lebih pada pembangunan daerah. Sinergitas antar dua lembaga keuangan ini juga diharapkan mampu menjadi sebuah kekuatan finansial dari wilayah timur pulau Jawa karena tingginya potensi yang dapat dimaksimalkan oleh keduanya.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan ekonomi daerah (PDRB) Jawa Timur secara konsisten selalu mampu tumbuh lebih tinggi bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional, maka apabila hal ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga keuangan yang memang berasal dari Jawa Timur diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat ataupun daerah Jawa Timur sendiri.

Atas dasar hal tersebut maka bankjatim dan BPR Jatim sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Penyaluran Dana Linkage Kepada Para Pelaku UMKM di Jawa Timur yang diselenggarakan di Ruang Bromo lantai 5 Kantor Pusat bankjatim Jl Basuki Rahmat no 98 – 104, Surabaya (13/7).

Direktur Utama Bank Jatim R Soeroso mengatakan penandatanganan MoU ini juga merupakan tindak lanjut dari harapan Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat melantik manajemen baru bankjatim dan BPR Jatim di bulan Juni yang lalu di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Bapak Gubernur selalu berharap agar kami dapat saling bersinergi membangun perekonomian Jawa Timur terus lebih baik, atas dasar itulah kesepakatan ini kami lakukan agar amanah tersebut dapat kami capai,” ujar Soeroso.

Soeroso menekankan bahwa esensi dari MoU ini adalah untuk menciptakan pertumbuhan perekonomian daerah yang lebih baik, dari masyarakat dan untuk masyarakat khususnya bagi para pelaku usaha mikro dan kecil di Jawa Timur yang jumlahnya cukup banyak namun belum tersentuh oleh perbankan.

Dengan adanya MoU antara bankjatim dan BPR Jatim ini maka nantinya pelaku usaha di segmen UMKM produktif yang selama ini terkendala dalam memperoleh fasilitas kredit dari Bank dapat difasilitasi dengan  baik oleh bankjatim ataupun BPR Jatim.

bankjatim menyediakan fasilitas pinjaman maksimal sebesar Rp 1 triliun yang disalurkan secara bertahap kepada BPR Jatim melalui beberapa skim kredit produktif untuk selanjutnya disalurkan kepada para pelaku UMKM Jawa Timur yang selama ini memang segmen BPR Jatim.

Untuk memperkuat koordinasi dan konsolidasi serta mensosialisasikan kerjasama tersebut, dalam kesempatan yang sama bankjatim mengadakan acara buka puasa dan sholat tarawih bersama dengan BPR Jatim, serta turut mengundang Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Kami menyambut baik dan mendukung penuh langkah yang diambil bankjatim & BPR Jatim dengan adanya kesepakatan kerjasama dalam hal penyaluran kredit bagi para pelaku UMKM ini, semoga hal ini berdampak baik pada peningkatan kinerja kedua bank ataupun dalam pertumbuhan ekonomi daerah Jawa Timur kedepannya," Harap Soekarwo. (pr/med)