Kuartal III 2016, Laba Bersih Bank Jatim Meningkat Signifikan

Date: 13 oktober 2016

Kategori : Semua Berita, IRU


JAKARTA – 13 OKTOBER 2016| Dalam upaya keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melaksanakan analyst meeting dan press conference untuk memaparkan kinerja Kuartal III 2016 (unaudited) di Hotel Shangri-La, Jakarta (13/10). Berdasarkan laporan keuangan Kuartal III
tahun 2016, bankjatim mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 20,11% (YoY) atau Rp 836,58 miliar.

Kinerja keuangan bankjatim di Kuartal III ini menunjukkan performa dan pertumbuhan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Meskipun keadaan ekonomi secara global menurun Bank Jatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar
Rp 29,62 triliun (naik 1,33 % YoY), Pendapatan Bunga bersih mengalami pertumbuhan sebesar Rp 2,54 triliun (naik 6,86 % YoY). Dan untuk Dana Pihak Ketiga yang masih didominasi oleh dana murah yaitu Tabungan mengalami pertumbuhan sebesar
Rp 12,24 triliun atau naik 19,56% (YoY). Dengan kenaikan dana murah tersebut, CASA rasio bankjatim tetap terjaga sebesar 70,36% (selama lebih dari 13 tahun, CASA rasio bankjatim berada di atas 65%). Hal ini membuktikan bahwa keefektifan bankjatim dalam mengelola dana murahnya.

Rasio keuangan bankjatim posisi September 2016, antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 20,14%, Nett Interest Margin (NIM) sebesar 6,70%, Return On Asset (ROA) sebesar 3,09%, Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) 71,15% serta Loan to Deposit Ratio (LDR) 71,97%.

Selama Kuartal III, bankjatim meraih banyak penghargaan salah satunya merupakan penghargaan prestigious Annual Report Award (ARA) 2016 kategori BUMD Listed yang diraih bankjatim beberapa waktu yang lalu. Dalam malam penganugerahan Indonesia Banking Award (IBA) 2016, bankjatim borong 4 penghargaan masing-masing di kategori The Most Reliable Bank, The Best Bank in Digital Services, The Best Bank in Productivity, dan The Best Bank in Retail. Penghargaan yang diraih selama kuartal III ini merupakan suatu motivasi untuk mencapai target kinerja di akhir tahun 2016.

Perkembangan produk teknologi informasi bankjatim juga semakin berkembang. Setelah sebelumnya bankjatim telah memiliki produk bankjatim sms banking dan bankjatim internet banking, bankjatim baru saja meluncurkan layanan Mobile Banking bertepatan dengan malam puncak pengundian Gemerlap SIMPEDA Nasional yang diadakan di Shangri-La Surabaya.

Dan untuk terus memperkuat bisnisnya, bankjatim pada Kuartal IV tahun 2016 berencana melakukan strategi bisnis, diantaranya adalah:

1. Operasional Kantor Cabang Batam

bankjatim telah melakukan soft launching kantor cabang di Kota Batam Provinsi yang bertepatan dengan HUT bankjatim ke 55 beberapa waktu yang lalu. Operasional bankjatim cabang Batam sendiri menunggu persetujuan dari OJK yang ditargetkan beroperasi pada kuartal IV. Pembukaan kantor ini bertujuan untuk memberikan support kepada pelaku usaha di luar Provinsi Jawa Timur.

2. Peningkatan penyaluran kredit di Kuartal IV

Untuk meningkatkan penyaluran kredit di Kuartal IV ini, bankjatim melakukan strategi bisnis dengan membuka kembali kredit keppres untuk proyek pemerintah dengan perbaikan persyaratan agunan serta peningkatan supervisi dan pengawasan, selain kredit keppres bankjatim juga akan kembali menyalurkan Standby loan khusus Nasabah Prima yang sudah terbukti kredibilitas dan kapabilitasnya. Sedangkan untuk meningkatkan kredit konsumsi, bankjatim memberikan promo bunga kredit Multiguna kepada nasabah pengajuan baru dan takeover.

Jaringan Bank Jatim

Dan hingga September 2016, jumlah jaringan bankjatim telah mencapai 1.453 titik layanan terdiri dari 1 Kantor Pusat, 46 Kantor Cabang, 167 Cabang Pembantu, 185 Kantor Kas, 97 Kantor layanan Syariah, 175 Payment Point, 79 Kas Mobil, 6 Mobil ATM, 695 ATM dan 2 CDM