Kinerja Memuaskan, Laba Bersih Bank Jatim Mencapai 1,26 T

Date: 25 januari 2019

Kategori :


Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dan press conference guna memaparkan kinerja keuangan tahun buku 2018 (audited) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta (25/01).

Kinerja keuangan bankjatim menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan laporan keuangan tahun buku 2018 (audited), aset bankjatim tercatat Rp. 62,69 triliun atau tumbuh 21,68 % laba bersih bankjatim tercatat Rp. 1,26 triliun tumbuh 8,71 % (YoY).

Selama Tahun 2018 Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim tumbuh luar biasa dengan mencatatkan pertumbuhan 27,78 % (YoY) yaitu sebesar Rp. 50,91 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat. Selain itu pencapaian DPK  tersebut diperkuat dengan CASA rasio bankjatim sebesar 75,41 % (selama lebih dari 15 tahun, CASA rasio bankjatim berada diatas 65 %).

Di tengah-tengah kondisi perekonomian global yang masih belum stabil sepanjang tahun 2018, bankjatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp. 33,89 triliun atau tumbuh 6,74 % (YoY). Kredit di sektor korporasi menjadi penyumbang tertinggi selama tahun 2018 yaitu sebesar Rp. 7,26 triliun atau tumbuh 12,67 % (YoY)

Rasio keuangan bankjatim posisi Desember 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,75 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,37 %, Return On Asset (ROA) 2,96 % , sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 69,45 %.

Sebagai perusahaan terbuka, tren kenaikan harga saham bankjatim (BJTM) juga menjadi perhatian masyarakat, selain karena kenaikan tren harga saham yang ditunjukkan oleh BJTM dari tahun ke tahun, pembagian deviden yang selalu meningkat setiap tahunnya menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dengan market capitalization BJTM mencapai Rp. 10,33 Triliun di akhir tahun 2018. Segala pencapaian bankjatim selama tahun 2018 mendapat apresiasi seiring berbagai penghargaan yang telah diraih. Setidaknya ada 20 ajang penghargaan yang diikuti dengan kurang lebih 30 award yang telah diraih bankjatim di tahun 2018.

SEKILAS TENTANG BANK JATIM

bankjatim merupakan Bank Umum yang berkantor pusat di Surabaya dan telah memiliki jaringan di seluruh Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kota Batam. Didirikan 17 Agustus 1961, dengan berbadan hukum Perusahaan Daerah (PD), pada tahun 1976, bankjatim berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan sejak Juli 2012 bankjatim melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) yang menjadikan bankjatim menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah yang sudah terbuka (Tbk.)

Sampai dengan Desember 2018 bankjatim memiliki total layanan sebanyak 1.684 layanan, baik layanan konvensional maupun syariah. Bankjatim saat ini telah memiliki layanan e-banking seperti ATM, Sms banking, Internet Banking serta Mobile Banking untuk memberikan kemudahan kepada nasabah bertransaksi dimanapun dan kapanpun berada. Selain telah bekerjasama dengan jaringan ATM Bersama dan jaringan Prima (termasuk Prima Debit), yang terbaru, bankjatim telah bergabung dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang berarti kartu ATM bankjatim dapat digunakan pada seluruh ATM dan merchant di Indonesia yang berlogo ATM Bersama, Prima dan GPN tanpa dikenakan biaya apapun.